You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pematang Danau

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Pematang Danau # Mohon Maaf Ketidak Nyamananya Dalam Beberapa Hari Kedapan Masih dalam Perbaikan Penyajian Data

SI JAGO MERAH TAK KENAL LELAH !


SI JAGO MERAH TAK KENAL LELAH !

Sekitar jam 08:30 Wita 12 Oktober 2023

Kepala lingkungan II (Kaling) mendapat telpon dari salah satu warga masyarakat Sungai Bokor mengabarkan bahwa di kebun warga ada api di duga sudah dari malam hari. Tutur nya (Bp.Kiswut) 

Setelah mendapatkan laporan tersebut (Kaling) sebelum survey kelokasi izin dan di share ke group Pemerintahan Desa Pematang Danau untuk tidak masuk ke kantor desa , selanjutnya di teruskan oleh pembekal.

Sesampai di sana sekitar jam 09.15 Wita ternyata sudah ada sebagian lahan yang terbakar , setelah beberapa saat ternyata ada api yang menyala dari arah timur ke Barat selanjutnya (Kaling) mengabarkan kepada salah satu warga masyarakat sehingga dalam waktu yang tak lama masyarakat pun berdatangan dan berpencar di beberapa titik.

Jam 11.12 (Kaling) menerima telfon dari pembekal koordinasi untuk penyuplai an air , setelah itu (Kaling) pun menghubungi salah satu warga yang bekerja di tambang untuk dapat mengantarkan air di titik yang berdekatan dengan lokasi api,di karenakan saat ini musim kemarau sumur-sumur yang ada di ladang pun kering.

Alhamdulillah mobil tangki air pun datang sehingga warga pun lebih mudah untuk mengambil air yang di tampung dalam Jirigen dan di antarkan ke warga yang membawa alat semprot.

Sedangkan pembekal pun begitu juga koordinasi meminta bantuan kepada pihak-pihak terkait sehingga datang pula bantuan.

Siang menuju sore api yang sudah padam pun menyala lagi karena saking panas nya cuaca dan angin yang cukup deras maka api pun kembali Berkobar.

Menjelang senja waktu magrib pun tiba, di karenakan pas disaat malam Jum'at dari beberapa warga pun sebagian ada yang pulang untuk melaksanakan kegiatan rutin Yasinan, dan kembali lagi setelah selesai, ada salah satu warga sungai bokor yang di mintai bantuan oleh pembekal mengantarkan air dengan membawa mobil sarana yang airnya dibawa dalam tandon air sehingga mempermudah bagi warga untuk mengambil air dan di siramkan ke kobaran api tersebut.

Sekitar jam 22.00 WITA Sebagian warga yang berada di titik-titik lain pun keluar dan berkumpul di jalan Houling untuk menunggu para warga yang masih berada di beberapa titik, setelah ngobrol dan di pastikan api yang ada sudah padam, kami pun memutuskan untuk kembali kerumah sekitar jam 11.30 WITA .

" Alhamdulillah api tadi malam bisa teratasi , semoga tidak muncul lagi hari ini, kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu dalam pemadaman api selama dua hari dua malam , semoga Allah SWT atas segala kebaikan Pian Pian seberataan"

Selanjutnya kami juga menghimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati pada saat di kebun atau di sawah karena api sekecil apapun saat ini akan bisa menimbulkan bencana (Tutur Pembekal Desa Pematang Danau)

Bagikan artikel ini:
Komentar